«

»

Jul 09

Penggalangan Dana Untuk Pendidikan Anak-anak Dari Keluarga Tidak Mampu

  • Sharebar

I. Latar Belakang

Saat ini kondisi perekonomian bangsa Indonesia sangat memprihatinkan. Harga bahan-bahan pokok bertambah mahal, juga biaya kesehatan dan pendidikan. Banyak rakyat miskin yang tidak bisa mengobati penyakitnya, lantaran biaya rumah sakit maupun harga obat demikian tinggi. Demikian pula dalam bidang pendidikan. Biaya pendidikan, plus pemenuhan sarana dan prasarananya, tidak terjangkau oleh masyarakat. Akibatnya, banyak anak-anak yang berprestasi, tidak dapat melanjutkan pendidikannya, karena kondisi ekonomi keluarga tidak memungkinkan. Dampaknya, masyarakat tetap dalam keterpurukan, kemiskinan dan kebodohan. Angka pengangguran kian tahun kian bertambah, sehingga rakyat belum juga bisa menikmati hidup layak.

Sebetulnya Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan potensial. Untuk itu, dibutuhkan tenaga-tenaga terampil yang mumpuni dan menguasai tekhnologi tinggi, agar dapat mengelola kekayaan negeri ini untuk membantu mensejahterakan kehidupan anak bangsa, sekaligus mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia di hadapan bangsa yang lain. Sehubungan dengan hal itu maka Yayasan Puan Amal Hayati menyusun sebuah program kegiatan yang diberi nama Program Penggalangan Dana untuk Pendidikan Anak-Anak dari Keluarga Tidak Mampu, bagi anak-anak SD, SMP, SMA maupun Universitas.

II. Tujuan

Tujuan Program Orang Tua Asuh untuk Pendidikan Anak-Anak Dari Keluarga Tidak Mampu adalah sebagai berikut:

1) Menciptakan jejaring kerjasama antar Individu ataupun organisasi-organisasi sosial terkait, sebagai mitra untuk pendanaan program Pendidikan Anak-Anak dari Keluarga Tidak Mampu.

2) Menyalurkan dana dari berbagai sumber, baik organisasi maupun individu bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk membiayai segala keperluan sekolahnya, hingga mereka dapat memperoleh pendidikan yang cukup tinggi.

III. Sasaran

3.1 Ruang Lingkup Pelaksanaan

Penyaluran Program Penggalangan Dana untuk Pendidikan Anak-Anak dari Keluarga Tidak Mampu dilaksanakan di Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

3.2 Kriteria Anak Asuh

Anak-anak penerima bantuan adalah anak-anak dari keluarga miskin yang memiliki prestasi dan semangat belajar yang tinggi serta memiliki cita-cita yang luhur untuk memajukan tingkat kesejahteraan masyarakat dengan mendarma-baktikan ilmu pengetahuan yang dimilikinya.

Kriteria lengkap dari anak asuh adalah:

• Memiliki semangat belajar yang tinggi

• Memiliki kepribadian yang sederhana dan tidak sombong

• Memiliki citacita luhur untuk memperbaiki keadaan perekonomian keluarga dengan meng-implementasi-kan ilmu pengetahuan yang telah dimilikinya.

• Rajin dan tekun serta bertanggungjawab dalam melakukan pekerjaan di rumah maupun tugas di sekolah.

• Hormat dan patuh terhadap orang yang lebih tua

• Sopan dalam bersikap di tengah masyarakat

• Menjunjung tinggi ajaran-ajaran agama

Untuk mengetahui kriteri-kriteria diatas, akan dilakukan survey ke sekolah dari anak yang bersangkutan dan ke lingkungan tempat tinggalnya. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar anak-anak dari keluarga yang tidak mampu terbebas dari ancaman putus sekolah, sehingga mereka dapat melanjutkan sekolah, menciptakan prestasi dan menggapai cita-cita yang diimpikan.

3.3 Seleksi Anak Asuh

Melihat banyaknya keluarga yang tidak mampu dan anggota keluarga yang membutuhkan bantuan, maka perlu dilakukan proses seleksi agar tercipta pemerataan penyaluran bantuan (donasi), dan dapat tersalurkan pada keluarga yang tepat.

Untuk melakukan seleksi ada beberapa faktor yang harus dipertimbang-kan seperti penghasilan rata-rata orangtua kandung dalam sebulan, jumlah anggota keluarga yang harus sekolah, dan juga kebutuhan pokok setiap hari yang harus dipenuhi, selain kriteria anak asuh yang sudah dijelaskan pada poin 3.2.

IV. Pengumpulan Dana Bantuan

Dana bantuan bisa disalurkan melalui

  1. Transfer via rekening

Atas nama Yayasan Puan Amal Hayati:

Bank BNI Cab. Margonda, Depok No. Rek. 016 771 801 2

  1. Datang langsung ke Yayasan Puan Amal Hayati

VI. Penutup

Salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan taraf hidup adalah dengan memiliki pengetahuan yang luas melalui pendidikan yang tinggi sehingga dapat memperoleh pekerjaan yang layak. Untuk mencapai semua itu tidaklah mudah, apalagi kehidupan sosial masyarakat saat ini semakin sulit. Biaya pendidikan yang tinggi merupakan kendala yang paling berat yang harus dihadapi masyarakat.

Kami mengharapkan bantuan para donator untuk membantu para anak asuh untuk mencapai masa depan yang cerah. Berapapun bantuan anda, merupakan anugerah bagi mereka untuk menggapai cita-cita mereka demi kehidupan yang lebih baik.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuannya, semoga kebaikan Bapak/Ibu/Saudara/i mendapat pahala yang melimpah. Amin.